Timnas Wanita Alami Kemajuan

Penampilan timnas wanita Indonesia pada Kejuaraan AFF yang digelar di Ho Chi Minh City, Vietnam, tampaknya memang layak ditunggu. Sebab, meski pun Yudith Sada dkk akan menghadapi lawan-lawan yang tangguh pada even tahunan Feferasi Sepakbola ASEAN tersebut, peluang mereka untuk menuai prestasi cukup besar.

Penilaian akan peluang timnas wanita Indonesia ini dikemukakan oleh sejumlah mantan pemain timnas pria yang menjadi lawan tanding mereka pada ujicoba Rabu (24/9) sore di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

Beberapa mantan pemain timnas pria Indonesia bahkan menyebutkan, dibanding timnas-timnas wanita sebelumnya, inilah timnas wanita terbaik yang pernah ada.

“Kemampuan teknis mereka sudah kelihatan. Semangat juangnya juga bagus,” ujar Ricky Yacobi, mantan kapten timnas pria Indonesia tahun 1990an.

“Menurut saya, mereka harus dilatih lebih komunikatif di lapangan, tidak hanya mengandalkan pelatihnya yang berteriak-teriak terus di pinggir lapangan,” sambung Perry Sandria, mantan pemain timnas yang beberapa kali menjadi top-scorer di era Galatama.

Kakak-beradik Tonggo dan Patar Tambunan yang kemarin bergantian bermain di lini belakang timnya, sama-sama menyebutkan bahwa skill-individu para pemain timnas wanita ini masih harus dibarengi dengan kerjasama tim yang lebih padu.

“Kalau soal teknis saya kira mereka sudah cukup bagus, cuma mungkin kerjasama secara tim yang masih harus ditingkatkan,” kata Patar Tambunan, yang diamini abangnya, Tonggo Tambunan.

Ferry Paulus, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang ikut memperkuat tim mantan pemain timnas pria, menambahkan, kerjasama tim bisa lebih ditingkatkan jika para pemain lebih komunikatif di lapangan. Walau demikian, tambah Ferry Paulus, kemampuan timnas wanita Indonesia ini sudah memadai. “Bahkan jauh lebih baik dibanding timnas yang diterjunkan ke SEA Games Filipina dulu,” katanya.

Para mantan pemain timnas pria lainnya yang ikut bertanding pada ujicoba ini adalah Marzuki Nyakmad, Aji Ridwan Mas, Berti Tutuarima, Toyo Hartono, Zulkarnaen Lubis, Didik Darmadi, Rasityo. Ikut bermain pula agen pemain asing dari Ligina Sportindo, Eddy Syahputra.

Kendati harus mengakui keunggulan tim mantan pemain timnas pria dengan skor 2-4, namun pelatih kepala timnas wanita Indonesia Timo Scheunemann mengaku cukup puas dengan penampilan para pemainnya. Dia menyatakan, walau para pemainnya unggul dalam stamina, namun tim mantan pemain timnas pria tampil lebih cerdik.

“Mereka bermain dengan pola sederhana, tidak banyak mempermainkan bola,” kata Timo, seusai pertandingan. Dua gol untuk timnas wanita Indonesia dicetak oleh Astri Marice dan Yudith Sada.

Pertandingan dengan tim mantan pemain timnas pria Indonesia merupakan ujicoba terakhir bagi timnas wanita. Mereka masih memiliki waktu lebih dar sepekan menjelang keberangkatan ke Ho Chi Minh City, pada 6 Oktober mendatang.

Pada Kejuaraan Wanita AFF 2008 ini timnas wanita Indonesia bergabung di penyisihan Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Laos dan Malaysia. Sementara peserta penyisihan Grup B adalah Austalia, Thailand, Filipina dan Singapura.(fa)

SFA 24.09.2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.