Suzuki Sponsori AFF Suzuki Cup 2008

ASepakbola Asean memasuki era baru dengan mengikutsertakan perusahaan ternama asal Jepang, Suzuki Motor Corporation yang akan menjadi sponsor utama dalam kejuaraan Sepakbola Asean 2008. Bergabungnya Suzuki sebagai sponsor utama sekaligus mengubah titel kejuaraan menjadi AFF Suzuki Cup 2008.

Kejuaraan AFF Suzuki Cup, sebelumnya dikenal sebagai Piala Tiger, merupakan event sepakbola terbesar di Asia Tenggara sejak tahun 1996. Putaran final AFF Suzuki Cup 2008 akan diselenggarakan di dua Negara, yakni Thailand dan Indonesia pada bulan Desember 2008 mendatang. Sebelumnya, babak kualifikasi akan dilangsungkan pada bulan Oktober 2008 di Kamboja.

“Dengan memberikan dukungan terhadap Kejuaraan AFF Suzuki 2008, perusahaan kami berharap akan dapat mempromosikan olahraga di wilayah Asean ini dan pastinya meningkatkan image perusahaan baik di wilayah Asean maupun Asia,” ujar perwakilan dari Suzuki Motor Corp.

“Turnamen ini memiliki dukungan yang besar di Asean dan kita sangat tertarik untuk menjadikan kegiatan ini lebih besar lagi. Asean adalah pangsa pasar yang penting bagi produk kami dan melalui bentuk dukungan kami di Kejuaraan AFF Suzuki ini kami berharap semakin banyak orang yang menyadari gaya design serta produk kami,” Asean Football Federation (AFF) menyatakan bahwa ini adalah babak baru dalam sepakbola di wilayah Asean.

“Ini adalah hal yang menggembirakan bahwa Suzuki akan mendukung AFF Suzuki Cup. Sponsorship itu seperti darah segar dalam suatu kegiatan dan kita sangat beruntung memiliki rekanan seperti ini,” ujar Presiden AFF Yang Dipertuan Agung Tengku Tan Sri Dato’ Seri Ahmad Rithauddeen.

Turnamen ini telah berjalan lama dan memiliki gaung ke seluruh Asia Tenggara dibuktikan dengan penuhnya kapasitas stadion dan yang menyaksikan via televisi.

“Dengan adanya dukungan sponsor baru, Kejuaraan AFF Suzuki dapat meraih ke tingkat yang lebih tinggi lagi dan lebih lanjut akan memberi semangat sepakbola di wilayah Asean. Kami telah menjadi saksi beberapa turnamen yang luar biasa dan saya yakin semua tim akan bersemangat memenangkan kejuaraan AFF Suzuki tahun ini.”

World Sport Group, yang berpusat di Singapura adalah rekanan ekslusif dari Asean Football Federation (AFF) dan juga sebagai penyelenggara Kejuaraan AFF Suzuki. “Kami sangat senang menjadi bagian dari sejarah baru dalam sepakbola Asean. Kami sangat percaya diri untuk memastikan bahwa para penggemar akan tetap menikmati Kejuaraan AFF Suzuki mengingat kita masih memegang rating tertinggi di wilayah ini,” ujar Ian Mathie, Wakil Presiden – Sepakbola wilayah Asia Selatan, Asean dan Australia. “Kami berterimakasih kepada Suzuki Motor corporation untuk dukungannya dan berharap ini akan menjadi kerjasama yang panjang.”

Tim perserta AFF Suzuki Cup 2008 terdiri dari Singapura ( Juara bertahan di dua Piala Asean terakhir ), dua Negara tuan rumah, Indonesia dan Thailand, serta Vietnam, Malaysia dan Myanmar.

Pesertanya terdiri dari Singapura yang telah dua kali meraih gelar juara di ajang ini. Dan pastinya dua Negara tuan rumah Indonesia dan Thailand juga turut serta menemani Vietnam, Malaysia, dan Myanmar di putaran final tanggal 05-28 Desember mendatang.

Sementara, Kamboja, Brunei, Laos, Filipina, dan Timor Leste akan berkompetisi memperebutkan dua tempat sisa di putaran final yang akan berlangsung di Phnom Penh pada tanggal 17-25 Oktober mendatang.

Pihak penyelenggara telah memastikan sejumlah US$100,000 sebagai total hadiah dalam AFF Suzuki Cup 2008 ini, pengundian akan dilakukan di Jakarta 27 Agustus mendatang.

SFA 08.08.2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.