Staab: ‘Astrid Ohee Setingkat Martha’

Instruktur Pelatih FIFA khusus untuk Sepakbola Wanita Monika Staab memuji kehebatan pemain-pemain sepakbola wanita Papua. Mantan pesepakbola putri Jerman itu bahkan memuji bakat Astrid Ohee, 11, sebagai pemain kelas dunia.

“Kualitas dan bakat Astrid sama dengan pemain terbaik dunia Martha pada saat Martha seusia Astrid,” ungkap Monika usai menyaksikan pertandingan persahabatan antara Persipura Putri vs Putri Persidafon di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (1/5).

Dari seluruh pemain yang berlaga, Monika Staab memang memberikan penilaian khusus kepada Astrid Ohee (11) yang mencetak hatrick pada pertandingan tersebut. Di mata Monika, bila Astrid dapat memanfaatkan kesempatan lebih banyak lagi, lebih bergerak cepat, dan tidak selalu mengarahkan tendangan ke arah kipper, ia mampu menjadi pemain berkualitas dunia.

“Ia (Astrid) berpotensi menjadi pemain kelas dunia. Secara keseluruhan, Papua memiliki pemain yang berkualitas. Dan perlu untuk meningkatkan kompetisi lokalnya,” tutur Monika mengomentari permainan kedua klub.

Delegasi FIFA untuk Sepakbola Wanita itu menyatakan kesannya pada hari pertama FIFA Coaching Clinic di Jayapura, Kamis (1/5). Menurut Monika, dalam evaluasinya usai pertandingan persahabatan antara Persipura Putri dengan Putri Persidafon Dafonsoro yang berakhir 1-3 (0-2), kedua tim memiliki potensi alami pemain yang luar biasa, namun tetap perlu banyak berlatih.

Tim Persipura Putri, menurut Monika, masih terlalu terfokus ke mana arah bola, dibandingkan dengan peranan pemain pada masing – masing posisi. Akibatnya, banyak peluang yang terlewatkan.

“Dalam permainan sebuah tim, perlu diperhatikan bagaimana caranya menciptakan ruang gerak yang cukup untuk bermain. Tidak bisa bermain dengan keadaan seluruh pemain berkumpul di lini tengah. Masing – masing pemain harus dapat menjaga jarak dengan pemain lainnya untuk kemudian dapat menemukan kesempatan menyerang,” jelas Monika.

Sementara untuk tim juara Putri Persidafon, Monika memberikan masukan untuk lebih banyak memanfaatkan sisi sayap. “Kualitas pemain sudah baik, namun perlu untuk memanfaatkan sisi sayap. Untuk sesi latihan, perlu memperbanyak latihan dengan bola.”

Hari pertama kegiatan FIFA Coaching Clinic di Papua akan berakhir hari ini, Jumat (2/5) dengan acara penyambutan yang dihadiri oleh Pengurus Daerah PSSI Papua di Asrama Haji. Kehadiran Monika Staab di Papua didampingi oleh Eha Habibah – Direktur Sepakbola Wanita PSSI serta jajaran staffnya yakni Katrina, Monika Desideria, dan Souraiya Farina. (Fa)

SFA 02.05.2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.