Road to Vietnam Timnas Wanita Siap Berjuang

Satu bulan menjelang laga di Vietnam, Timnas Wanita PSSI semakin mematangkan persiapannya. Serangkaian Uji Coba terus digelar di setiap minggunya.

Timnas Wanita PSSI ini akan melakukan pertandingan sebenarnya pada bulan Oktober 8 – 21 mendatang di ho Chi Minh City, Vietnam dalam ajang AFF Womens Championship.

Sejak tanggal 7 Agustus lalu Pelatih Kepala Timnas Wanita Timo Scheunemann bersama asistennya Rainer membina pelatnas yang diikuti oleh sekitar 30 pemain muda wanita yang direkrut dari beberapa daerah di Indonesia. Dari sekian pesepakbola wanita yang mayoritas berusia dibawah 19 tahun tersebut, nantinya akan dipilih 22 pemain yang akan mewakili Indonesia di ajang AFF Women’s Championship.

Timo yang merupakan pelatih berpengalaman dan berlisensi A UEFA mengatakan bahwa tim ini adalah tim yang terbentuk benar – benar karena kualitas yang dimiliki masing – masing pemainnya.

“Tidak mudah untuk mencari pemain sepakbola wanita di Indonesia ini, mayoritas dari pemain yang bergabung dalam TC ini berasal dari daerah – daerah yang sulit di jangkau. Disamping ada beberapa yang kami rekrut pada saat kejuaraan Nasional Juni lalu. Seperti pemain kami Judit Sada yang berasal dari Biak, kami berusaha untuk menjaring pemain yang benar – benar berkualitas meski di daerah – daerah yang sulit. Dan ini semua juga berkat usaha dari asisten saya Rainer yang melakukan pemantauan sampai ke pelosok – pelosok,”

Timo pun mengatakan bahwa tim ini mengalami kemajuan yang cukup baik, “Mereka tidak hanya memiliki kualitas, tapi mereka mau mendengar, mau mengerti dan mau belajar. Itu yang terpenting. Dengan demikian kemampuan mereka tidak berhenti disitu.”

Menghadapi kompetisi yang semakin dekat Timo pun mengatakan keyakinannya, “yang saya yakini adalah tim ini akan memberikan yang terbaik. Saya percaya tim ini mampu sampai ke babak semi final,” tambahnya.

Sementara itu menurut keterangan manajer Timnas Wanita Grace Margareth, Manajemen Timnas tengah mengupayakan agar tim ini bisa memiliki kesempatan bermain dengan salah satu tim Asean lainnya sebelum kejuaraan.

“kami tengah mengupayakan untuk melakukan Uji Coba dengan Thailand di bulan September ini, tapi masih terkendala dengan situasi keamanan di sana. Mudah – mudahan saja semua sesuai dengan yang kita rencanakan,” ujar wanita yang berperan aktif dalam memajukan sepakbola wanita belakangan ini. Sebelumnya Timnas Wanita ini berencana untuk melakukan uji coba dengan Bahrain yang kemudian gagal karena terhambat maalah administrasi dan waktu yang tidak banyak.

“Saya tidak ingin memberikan target yang kemudian membebani tim ini. Saya percaya bahwa tim ini mampu memberikan yang terbaik. Dan setelah sekian tahun, sepakbola wanita seolah tiada, saya merasa sangat bersyukur akhirnya sepakbola wanita dapat kembali bangkit,” ujar Direktur Sepakbola Wanita PSSI Eha Habibah. (fa)

Hasil Uji Coba Timnas Wanita

21 Agustus 2008
Vs Universitas Negeri Jakarta (1-1)
27 Agustus 2008
Vs Ja Bar Selection (3-0)
30 Agustus 2008
Vs Jakarta International School (9-0)
03 September 2008
Vs SSB Arsenal (3-3)
06 September 2008
Vs Ja Bar Selection (7-0)

AFF WOMEN’S CHAMPIONSHIP 2008

Grup A
1. Myanmar
2. Vietnam
3. Indonesia
4. Laos
5. Malaysia

Grup B 1. Australia
2. Thailand
3. Filipina
4. Singapura

Jadual

8 Oktober 2008
Vietnam vs Myanmar
Indonesia vs Laos
09 Oktober 2008
Australia vs Thailand
Filipina vs Singapura
10 Oktober 2008
Vietnam vs Indonesia
Myanmar vs Malaysia
11 Oktober 2008
Singapura vs Thailand
Australia vs Filipina
12 Oktober 2008
Myanmar vs Laos
Malaysia vs Vietnam
13 Oktober 2008
Thailand vs Filipina
Singapura vs Autsralia
14 oktober 2008
Laos vs Malaysia
Indonesia vs Myanmar
16 Oktober 2008
Malaysia vs Indonesia
Laos vs Vietnam
18 Oktober 2008
Juara Grup A vs Runner Up Grup B
Juara Grup B vs Runner Up Grup A
20 Oktober 2008
Perebutan tempat ke 3 – ke 4
Final

SFA 07.09.2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.