Raja Issa : ’Pesepakbola Wanita Papua Adalah Emas Alami’

Pertandingan persahabatan antara Putri Persidafon melawan Putri Persipura (1/5) ternyata turut menarik perhatian Raja Isa, pelatih klub elit Persipura Jayapura. Arsitek asal Malaysia yang datang sejak awal pertandingan menyaksikan jalannya pertandingan dengan antusias.

Menurut Raja Isa pemain wanita persipura adalah emas yang alami. ”Mereka (pemain wanita Papua) adalah pemain kelas dunia. Kemampuan individu mereka dapat dibandingkan dengan pemain dari negara lainnya,” ujar Raja Isa yang mengamati pertandingan dengan cermat dari pinggir lapangan.

Namun, ia melihat perlu peningkatan kualitas pelatih guna memoles talenta-talenta emas Papua. Pelatih yang dibutuhkan, jelas Raja Isa, adalah pelatih yang tahu dan paham tentang ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga.

“Pelatih yang paham mengenai psikologi, gizi, teknik, dan fisik. Keempat hal ini akan mampu meningkatkan kualitas pemain. Karena itu, perlu diadakan kursus kepelatihan sepakbola wanita. Sebab, hanya dengan pelatih yang berkualitas, para pemain berbakat ini dapat menjadi pemain berkelas di masa depan.”

”Pelatih perlu mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya, dan jangan terlalu mengandalkan kualitas alami yang dimiliki masing – masing pemain. Imbuh Raja Isa.

Pandangan Raja Isa merupakan pembenaran akan fakta bahwa pemain sepakbola wanita Papua selama ini selalu menjadi andalan Tim Nasional Sepakbola Wanita Indonesia. Bukti terakhir, dalam kompetisi AFF U19 Championship di Myanmar 2007 lalu, pemain-pemain asal Papua lah yang mewakili Timnas Indonesia. (Fa)

SFA 02.05.2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.