AFF Women Championship Kalah Lawan Myanmar

Malam ini menjadi malam yang berduka bagi Indonesia. Kekalahan 6-0 dari Myanmar malam ini benar – benar membuat semua pemain bersedih. Sebenarnya Indonesia bermain lebih menekan pada malam hari ini (14/10)

Myanmar yang merupakan juara AFF Women’s Championship 2007 lalu membobol gawang Indonesia sejak di menit kedua melalui tendangan dari depan arah gawang oleh My Nilar Htwe. Tiga gol berikutnya terjadi di menit ke 26, 31, dan 39 (Thida Oo, Than Than Htwe, dan San San Thein). Ketiganya melalui hasil tendangan sudut.

Indonesia sebenarnya memiliki kesempatan yang lebih besar dibandingkan Myanmar. Bahkan di babak awal, Indonesia lebih mendominasi permainan. Gawang Myanmar berulang kali terancam oleh serangan Astrid Ohee, dan Yetty Yigibalom. Di menit ke 11 Astri Ohee berhasil menerobos masuk ke depan gawang Myanmar, namun sayang tendangannya meleset ke pinggir gawang. Begitu juga di menit ke 12 dan 29 ketika tendangan Astri berhasil dihalau penjaga gawang Myanmar May Khin Ya Min.

Di menit ke 41, pelatih Indonesia Timo Scheunemann mengganti penjaga gawang Dorthea dengan Efie Iswandari. Keputusan ini diambil setelah Dorthea gagal menghalau empat gol Myanmar.

Memasuki babak ke dua, Indonesia tetap menekan Myanmar. Kesempatan demi kesempatan di peroleh pemain Indonesia, namun tidak satupun berbuah gol. Di penghujung akhir penambahan waktu. Indonesia pun kembali kebobolan dua gol melalui tendangan Aye Aye Mar dan Naw Ar Lo Wer Phaw (91 dan 92).

Kekalahan 6-0 dari Myanmar ini merupakan kekalahan yang paling menyedihkan bagi tim Indonesia, sementara dengan kemenangan di malam ini Myanmar pun memastikan diri masuk ke babak semi final dan akan bertemu Juara Grup A Australia tanggal 18 Oktober mendatang.

Usai pertandingan, pelatih Myanmar U Tin Myint Aung pun mengakui bahwa sebenarnya timnya mengalami tekanan dari tim Indonesia, “ Indonesia banyak menekan kami. Dari awal pertandingan. Mereka mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kami cukup kewalahan menghadapi mereka.” Ujarnya.

“Saya melihat bahwa pemain Indonesia adalah pemain yang masih sangat muda dan minim pengalaman Internasional. Saya yakin mereka akan lebih baik di tahun mendatang. Indonesia melakukan pembinaan yang tepat,” tambahnya ketika ditanya tanggapannya terhadap pemain Indonesia.

Sementara itu menghadapi Australia, Mynt Aung menyatakan akan berjuang maksimal, “Pastinya saya sangat bahagia dengan hasil pertandingan malam ini. Dengan ini kita pasti masuk semi final dan menghadapi Australia. Australia memang lebih unggul dari kita, tapi kita tetap akan berusaha keras,” ujarnay

Indonesia akan bertemu Malaysia di pertandingan terakhir grup B tanggal 16 Oktober mendatang. Malaysia malam ini kalah 3-1 melawan Laos. (Fa)

SFA 14.10.2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.