AFF Women’s Championship Kalah Kelas Lawan Vietnam

Seperti yang diutarakan sebelumnya oleh pelatih Timnas Putri Timo Scheunemann, Timnas Putri bermain bertahan. Meski demikian, harus diakui bahwa pertahanan Tim putri tetap kewalahan menghadapi tuan rumah Vietnam di pertandingan kedua AFF Womens Championship sore hari ini (10/10).

Gol pertama Vietnam diciptakan di menit ke 9 oleh Nguyen Thi Kim Tien. Sebenarnya penjaga gawang Dorthea sempat menangkap bola yang tercipta melalui tendangan bebas tersebut, tapi sayang Gol yang tercipta melalui hasil tendangan bebas tersebut lepas dari tangannya, sehingga masuk ke dalam gawang.

Serangan demi serangan dilancarkan tim Vietnam. Meski penjaga gawang Indonesia sempat beberapa kali melakukan penyelamatan namun, di menit ke 34, pemain Vietnam Nguyen Thi Minh Nguyet berhasil menyarangkan gol kedua Vietnam. Gol tercipta dari hasil umpan pemain depan Vietnam Do Thi Ngoc Ham. Empat menit berselang, Ngoc Ham pun mencetakkan gol ketiga untuk Vietnam. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Vietnam 3-0.

Memasuki babak kedua, Indonesia harus menerima gol keempat Vietnam yang tercipta hanya dua menit setelah dimulainya babak kedua melalui tendangan Bui Thi Tuyet Mai.

Tim Indonesia pun menaikkan tempo permainannya. Tidak hanya pertahanan yang ditingkatkan, tapi juga beberapa serangan sempat dilancarkan Indonesia. Di menit ke 59, Tugiyati Cindy sempat membawa bola hingga mengancam gawang Vietnam namun, tendangannya terlampau ke kanan gawang. Usaha maksimal juga dilakukan oleh Yetty Yigibalom, pemain bernomor punggung 21 ini beberapa kali sempat melewati pemain Vietnam. Aksinya yang lincah juga mengundang pendukung Vietnam untuk menyemangatinya setiap kali ia memegang bola. Pertandingan pun berakhir 4-0 untuk kemenangan Vietnam.

Usai pertandingan, meski meraih kemenangan pelatih Vietnam Chen Yu Fa menyatakan ketidak puasannya terhadap permainan anak didiknya, “Saya memang tidak begitu puas dengan hasil pertandingan sore ini,” ujar pelatih Vietnam Chen Yu Fa

“Saya kecewa dengan tiga pemain saya. Saya kecewa dengan pemain bertahan saya. Terutama di babak kedua, di mana Indonesia bermain lebih menyerang. Harus saya akui bahwa Indonesia bermain lebih baik dibandingkan pertandingan pertamanya,” ujar pelatih asal China ini.

“Sebelumnya Vietnam pernah bertemu dengan Indonesia, dimana Vietnam menang 8-0. Jadi, pertandingan sore ini adalah peningkatan yang baik bagi Indonesia. Pemain – pemain Indonesia memiliki kemampuan yang baik, terutama pemain bernomor punggung 10,” tambahnya, memuji penampilan kapten Tim Indonesia Judith Sada.

Sementara itu pelatih Indonesia Timo Scheunemann menyatakan kebanggaannya terhadap para pemain, “Saya bangga terhadap pemain saya. Mereka bekerja sangat keras. Saya tidak dapat menyebutkan satu persatu, bagi saya semuanya telah bermain baik.” Ujarnya.

“Perlu Saya beritahukan bahwasanya tim kami ini minim uji coba, apalagi Uji Coba Internasional. Mayoritas pemain kami adalah pemain muda. Karena kami memiliki tujuan pembinaan jangka panjang. Asosiasi Sepakbola kami khususnya jajaran pengurus sepakbola wanita memiliki program jangka panjang karena itu, kami memilih pemain berusia muda,” jelasnya.

“Terlepas dari hasil pertandingan sore ini, Saya berharap tim ini dapat ikut serta di SEA Games nanti,” harapnya. (Fa)

SFA 10.10.2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.