AFF Women’s Championship 2008 Berjuang Demi Bangsa

“Kita tidak hanya membawa nama pribadi ataupun daerah, tapi membawa nama Negara,” ujar Yetty Yigibalom.

Kalimat diatas mungkin terdengar lumrah diucapkan tapi, tidak ketika seorang striker timnas Putri Yetty Yigibalom yang mengucapkannya. Ia mengucapkannya dengan sungguh – sungguh dari hati.

“Saya belum pernah mengikuti pertandingan internasional. Ini pengalaman pertama saya, saya tidak ingin mengecewakan. Kalaupun kami tidak menang disini tapi, apabila kita memberikan yang terbaik rasanya tidak begitu mengecewakan,” lanjutnya.

Yetty adalah pemain Sepakbola putri asal Papua. Saat ini gadis berusia 19 tahun tersebut tengah berkuliah di Universitas Cendrawasih jurusan Ilmu Pendidikan Olahraga.

Tidak hanya Yetty, semua pemain timnas putri memiliki jiwa nasionalis yang tinggi. Rasa nasionalis mereka tidak hanya terasa ketika mereka berjuang di tengah lapangan, tapi juga di tengah – tengah kebersamaan mereka. Di saat mengunjungi konsulat jenderal RI untuk Vietnam misalnya mereka pun menyanyikan lagu – lagu kebangsaaan Indonesia dengan penuh semangat.

“Cinta tanah air dong. Kalau tidak saya tidak akan berada disini,” Ujar Henny. Pemain yang baru duduk di bangku kelas dua SMA ini rela untuk meninggalkan sekolahnya selama dua bulan demi mengikuti training camp timnas sepakbola putri.

“Saya bergabung dengan tim nasional untuk menunjukkan yang terbaik,” sambung Regina, pemain termuda di tim putri ini yang baru berusia 14 tahun.

“Kita semua berjuang demi bangsa. Bagi saya, kalaupun ada klub dari luar (luar Indonesia – red) yang ingin mengajak saya bergabung, saya tidak bersedia. Saya hanya ingin bermain untuk Indonesia, kalau tidak untuk tim nasional ya untuk untuk klub saya di Papua,” tutup Yetty mengakhiri pembicaraan. Yetty bergabung di klub putri Persiwa di Wamena.

Demi bangsa dan Negara Indonesia mereka bergabung di dalam tim Nasional. Mereka tidak pantang menyerah. Semoga di ajang AFF Women’s Championship ini menjadi ajang kebangkitan sepakbola Putri Indonesia. (Fa)

SFA 12.10.2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.